Derap Langkah KBA Rempoah Menuju KBA Proklim Berkelanjutan



Dinobatkan menjadi salah satu kampung yang terpilih sebagai Kampung Berseri Astra Proklim Berkelanjutan merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi warga Desa Rempoah, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Proklim berkelanjutan sendiri merupakan tingkat lanjut dari Kampung Berseri Astra yang berfokus pada Electronic Vehicle, Renewable Energy dan digitalization.

Pencapaian luar biasa ini tentunya tidak datang begitu saja, namun melibatkan perjuangan seluruh elemen masyarakat desa Rempoah. Dari kurang lebih 1000 kampung berseri Astra pada tahun 2023 ini ASTRA memilih 10 KBA untuk dinobatkan menjadi Kampung Berseri Astra Proklim Berkelanjutan, dan KBA Rempoah adalah salah satunya.

Berlatar belakang Gunung Slamet, Desa Rempoah sendiri berada di dataran rendah Baturaden yang ketinggian wilayahnya kurang lebih 250dpl. Luas wilayah desa ini 246 HA, dimana 40%nya merupakan area pertanian, 40% lahan pemukiman dan 15% lahan perkebunan. Warga masyarakatnya sendiri terdiri dari pedagang, petani dan lain-lainnya yang jumlahnya mencapai 9000 jiwa. Menurut sejarah, nama Rempoah berasal dari dua kata yaitu Rem yang berarti mengendap atau mengendalikan sesuatu. Sedangkan Poah berarti Goda atau nafsu kesenangan. Dengan demikian, Rempoah berarti mengendapkan atau mengendalikan hawa nafsu kesenangan.

Rempoah memiliki banyak potensi wisata seperti edu wisata, wisata kuliner, sentra kembangan, homestay dan wisata alam lainnya. Sebagai jalur wisata utama kawasan Baturaden, Desa Rempoah memiliki letak yang sangat strategis. Hal inilah yang membuat Rempoah menjadi salah satu Kampung Berseri Astra.

ASTRA memilih desa Rempoah menjadi salah satu KBA Proklim Berkelanjutan tentunya setelah melewati serangkaian seleksi dan beragam pertimbangan. Lalu alasan apa yang membuat KBA Rempoah menjadi salah satu KBA Proklim Berkelanjutan yang memiliki fokus pada Electronic Vehicle, Renewable Energy dan digitalization ini?

Ragam program Unggulan KBA Rempoah untuk mewujudkan KBA Proklim Berkelanjutan :
1. Tersedianya kendaraan wisata yang ramah lingkungan. Yaitu kendaraan wisata bertenaga listrik. Kendaraan wisata ini memberikan pengalaman baru kepada wisatawan sekaligus mengajarkan masyarakat untuk tetap menjaga lingkungan dengan cara mengurangi emisi karbon.
Kendaraan listrik juga digunakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, yaitu dimanfaatkan sebagai ambulan desa atau mobil siaga.

2. Pemanfaatan limbah manusia dan kotoran hewan menjadi biogas.
Keberadaan biogas ini sangat membantu keberlangsungan umkm di KBA Rempoah.  Selain itu adanya listrik Mikrohydro juga sangat membantu masyarakat agar tidak terus-terusan bergantung pada listrik konvensional.

3. Penggunaan digitalisasi pada sistem pelayanan masyarakat.
Sistem digitalisasi ini dimanfaatkan untuk melayani fasiulitas air bersih dan pengelolaan sampah terpadu. Dengan adanya sistem digitalisasi ini pelayanan terhadap masyarakat pun semakin efisien.

4. Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu
Unit Kegiatan Pengelolaan Sampah Desa Rempoah mengembangkan budidaya lalat hitam atau Maggot Black Soldier dengan memanfaatkan sampah organik. Larva lalat hitam ini dijual untuk kemudian dimanfaatkan sebagai pakan ikan maupun hewan ternak. Selain itu Maggot juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman dan telah diujicobakan p[ada tanaman melon. Pengalaman para petani ikan menunjukkan bahwa hasil panen ikan lele meningkat dengan tajam setelah diberi pakan Maggot. Itulah sebabnya Maggot atau larva lalat hitam ini banyak dicari oleh para pembudidaya ikan lele.
Budidaya Maggot ini juga bisa dilakukan mandiri di rumah warga, kemudian warga bisa memanfaatkan maggot untuk dijual atau menggunakannya sendiri sebagai pupuk atau pakan ikan.

Nah itulah langkah-langkah KBA Rempoah yang dilakukan dengan konsisten yang membuat KBA Rempoah ini terpilih menjadi salah satu Kampung Berseri Astra Proklim Berkelanjutan.

Pada bulan Juni 2023 yang lalu KBA Rempoah menjadi tuan rumah dalam acara Gelar Festival Lingkungan ASTRA 2023.

Pemilihan KBA Rempoah menjadi tuan rumah ini adalah bukti nyata kepedualian ASTRA terhadap salah satu Kampung berseri binaannya. Kegiatan ini sekaligus menjdi wujud upaya ASTRA untuk mengajak generasi muda berpartisipasi untuk menjaga kelestarian lingkungan.



Beberapa kegiatan yang dilakukan selama event Festival Lingkungan ASTRA 2023 adalah :
1. budidaya maggot
2. Hidroponik
3. Konservasi energi terbarukan mikrohidro
4. penanaman pohon produktif di lahan seluas 100 hektar
5. Peresmian pemasangan panel surya
6. Karnaval dengan tema lingkungan yang diikuti masyarakat setempat.

Kegiatan dengan tema Jaga Bumi, Jamin Masa Depan ini menunjukkan bahwa ASTRA memiliki perhatian terhadap pelestarian lingkungan yang berlandaskan pada prinsip- prinsip berkelanjutran sesuai dengan nilai-nilai pada sustainable Development Goals yang memberikan manfaat bagi bumi dan masa depan Indonesia.

Semoga kolaborasi antar elemen di desa Rempoah ini konsisten dijalankan. Dengan demikian kualitas kehidupan warga masyarakatnya pun semakin meningkat. Seperti Harapan yang disematkan ASTRA terhadap semua desa binaannya.

Komentar

Postingan Populer