Desa Barania, Serpihan Surga yang Jatuh di Sinjai



Tak banyak desa yang memiliki berbagai macam obyek wisata. Secara umum, sebuah desa hanya memiliki satu atau dua potensi wisata unggulan. Menjadi sebuah keistimewaan jika di sebuah desa, di setiap sudutnya adalah keindahan yang bisa menjadi tempat wisata favorit. 

Desa Barania adalah sebuah desa yang memiliki beragam potensi wisata. Desa ini berada di kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan. 

Desa Birania menjadi salah satu Desa Wisata Sejahtera Astra semenjak satu tahun yang lalu. Seperti halnya Kampung Berseri Astra lainnya, dalam pengembangan desa Birania juga menerapkan 4 pilar yaitu pilar kesehatan, pendidikan, kewirausahaan dan Lingkungan. 

Desa Wisata Barania, berhasil meraih Juara I Penghargaan Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022 untuk kategori Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability (CHSE). Sebuah prestasi bergengsi hasil dari kerja sama seluruh lapisan masyarakat desa Birania. 

Jika anda berwisata ke desa yang identik dengan kampung Galung ini  tak cukup waktu sehari atau dua hari untuk berkunjung, berikut ini tempat wisata yang bisa di kunjungi di desa Barania



1. Kampung Galung
Dalam bahasa Makassar, yaitu menurut dialek konjo Galung berarti sawah. Memang di kampung Galung ini kita bisa menjumpai hamparan luas sawah yang terbagi bagi dalam petak berbentuk teras siring. Tempat ini dijadikan wisata karena pemandangannya sangat indah. Anda bisa berkunjungbkapan saja karena buka setiap hari. Di kokasi ini sudah tersedia gazebogazebo sebagai temoat beristirahat. 
Waktu terbaik untuk berkunjung di Kamoung ini adalah pukul 4 sore hingga matahari terbenam. Di area ini juga terdapat kolam renang dari mata air alami. Dengan harga tiket yang sangat terjangkau siapapun bisa berwisata di tempat ini. 

2. Air terjun Salu Birraya
Air terjun Salu Birraya memiliki keistimewaan karena memiliki aliran air berwarna biru yang menyegarkan. Selain itu air terjun ini juga cukup tinggi kurang lebih 100 m. Berada di ketinggian 1000 m dari permukaan laut membuat udara di sekitar air teejun terasa sejuk, dan suara gemericik air terjun membuat suasana terasa lebih syahdu.Keunikan lainnya adalah batu yang berada di balik air terjun yang menyerupai wajah orang dewasa yang berubah ubah sesuai dengan debit air yang melewatinya. 




3. Bumi perkemahan Kantirong Bisuua
Lokasinya yang berada di daerah oegunungan membuat bumi perlemahan ini memiliki hawa yang sejuk 
Kawasan yang luasnya mencapai 5,9 hektar ini cocok bagi anda yang ingin menghabiskan waktu di alam bebas. Nikmati sensasi petualangannya dengan berwisata di Kantirong Bassua. 

4. Titik 1000
Titik 1000 merupakan suatu area yang verada di tengah perkebunan sayur warga. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini berada di ketinggian 1000 m yang membuat nya berhawa sejuk dan sering terselimuti kabut. Di area Titik 1000 juga terdapat gazebo, warung, dam area parkir. 

5. Air terjun Rihatta
Air terjun Rihatta neruoakan air terjun yang lokasinya tidak banyak diketahui oleh wisataean. Padahal keindahan yang dimiliki oleh air terjun ini juga tak kalah dengan air terjun lainnya. 

6. Mengunjungi para pandai besi wanita. 
Saat ini ada tiga orang pandai besi wanita di desa Barania yang telah berpengalaman di bidangnya. 

Salah satu paket yang ditawarkan oleh desa Birania adalah paket wisata live in atau merasakan langsung kehidupan masyarakat Birania, menikmati kuliner lokal,  mempelajari seni budaya hingga menikmati panorama alam indah desa Birania. 

Tari Paduppa dan tari Pagalung adalah tarian khas desa wisata Barania. Anda bisa menikmatinya selagi tinggal di homestay khusus maupun saat tinggal di perumahan warga yang juga dijadikan homestay. 

Jika pulang jangan lupa membeli oleh oleh hasil UMKM warga desa Wisata Barania seperti kerajinan tangan berbahan dasar bambu, accesories unik custom, tembakau khas, susu murni, jipang ma'ida, beras merah taddaga maulun sayuran segar asli perkebunan desa Barania. 


Komentar

Postingan Populer