Tips agar travelling anda nyaman dan Menyenangkan

 




Siapa sih yang enggak suka travelling? Berkeliling dari satu daerah ke daerah lain, atau dari satu Negara ke Negara lain. Tentu semua orang menyukainya. Melihat keindahan alam dan budaya yang berbeda dengan yang kita lihat sehari-hari merupakan pengalaman yang mengasyikkan. Belum lagi wisata kuliner, yang memberikan tantangan tersendiri untuk mencobanya. Karena kuliner dari berbagai daerah itu banyak sekali macamnya. Ada yang serupa namun tak sama, bahkan ada kuliner yang sama sekali berbeda dengan yang ada di daerah kita. Hal-hal yang demikianlah yang membutuhkan nyali untuk mencobanya. Kalau saya sih, tergantung mood. Kalau mood pas oke, asik saja kalau diajak berpetualang baik secara fisik maupun berpetualang rasa. Namun kalau mood ga bagus, ya…saya lebih memilih makanan yang familiar saja. Yang penting hati nyaman dan travelling bisa bahagia.


Ada beberapa tips agar travelling anda menyenangkan, berikut ini tips dari saya :




1. Persiapan fisik


Enggak enak kan rasanya kalau selama travelling kita merasa tidak enak badan? Sebelum berangkat travelling, sebaiknya anda mempersiapkan kondisi tubuh agar tetap vit. Makanlah dengan gizi yang seimbang agar kebutuhan tubuh terpenuhi. Jangan lupa konsumsi buah dan air putih yang banyak. Klau perlu minum suplemen makanan.




2. Buat daftar barang yang akan dibawa.


Agar lebih mudah, buatlah daftar barang sampai sedetail mungkin. Seperti peralatan mandi, macam-macam obat pribadi. Make up, dan lain-lain. Lebih praktis lagi kalau anda menggunakan kemasan khusus travelling sehingga tidak memakan tempat. Beberapa detail yang biasanya dilupakan misalnya : stop kontak untuk charger HP. Karena di beberapa Negara, stop kontak yang digunakan berbeda dengan yang umum digunakan di Negara kita. Kalau di Indonesia biasanya menggunakan yang lubang dua, namun stop kontak ini tidak digunakan di luar negeri. Untuk itu anda perlu mengingatnya baik-baik agar tidak ketinggalan. Daripada di tempat tujuan kita repot sendiri dan menjadi pengeluaran tak terduga.




3. Rencanakan akomodasi dengan matang.


Kalau kita mengikuti biro perjalanan, akomodasi bukanlah hal yang perlu dipikirkan. Karena biasanya sudah menjadi tanggungan pihak biro perjalanan. Namun apabila kita travelling tanpa biro perjalanan, banyak-banyaklah anda mencari informasi. Karena system transportasi Negara lain berbeda jauh dengan Negara kita. Untuk itu jangan sampai travelling kita terganggu hal-hal semacam ini. 




4. Persiapkan Anggaran


Rencana perjalanan yang lengkap dapat membuat kita mudah untuk menyusun anggaran yang akan kita gunakan untuk travelling. Kita bisa juga melakukan travelling dengan cara share cost atau travelling bersama teman untuk berbagi hal-hal yang bisa digunakan bersama agar lebih murah. Misalnya sewa kamar dan sewa kendaraan. Kalau anda tidak menemukan teman yang anda kenal untuk share cost, anda bisa menemukannya melalui komunitas-komunitas travelling yang ada di media social. Namun anda harus lebih hati-hati, karena bersama orang yang tidak kita kenal latar belakangnya. Bukannya berburuk sangka, tapi berhati-hati tidak ada salahnya.




5. Persiapkan layanan internet.


Bukan hanya kamera dan ponsel yang saat ini dibutuhkan, namun juga layanan internet. Lucu juga ya, apabila disaat teman-teman yang lain sedang asyik berfoto dan update social media, sementara kita masih bingung mencari layanan internet di negeri orang. Apalagi kalau anda ke Jepang, dimana penduduk jepang sendiri tidak fasih menggunakan bahasa Inggris. Sebaiknya persiapkan urusan internet ini sejak di dalam negri. Patikan mencari info yang akurat sehingga anda tidak kebingungan ketika sampai di negara tujuan.




Nah itulah beberapa tips yang dapat anda terapkan apabila anda ingin travelling. Anda punya tips lain? Anda bisa menambahkannya di kolom komentar.


Komentar

Postingan Populer