Lontong Balap Taman Contong Kepanjen

 Lontong Balap Taman Contong Kepanjen



Lontong Balap Taman Contong hmmm kira-kira apa maksudnya ya.... untuk warga Kepanjen pasti sudah tahu dimana itu Taman Contong. atau jangan-jangan ada yang belum tau? saya sendiri baru-baru ini saja tahunya hihihi.

Taman Contong adalah sebuah taman kecil yang membelah jalan Nusantara Kepanjen. Letaknya di depan Mini market Nusantara. Tamannya berbentuk segitiga. mungkin itulah mengapa disebut taman Contong. 

Disekitar taman Contong banyak penjual makanan yang mangkal disitu. Ada yang berjualan di gerobak-gerobak di tepi jalan atau di warung-warung yang berderet di tepi jalan. Maklumlah lokasi ini berada di depan stasiun Kepanjen.

Salah satu pedagang yang mangkal di tepi jalan tersebut adalah penjual Lontong Balap dan lontong kupang. Mungkin satu-satunya penjual lontong balap di Kepanjen. Karena lapak penjualnya mefetefe alias mepet dengan taman Contong, Jadi kita bisa makan Lontong balap sambil piknik di Taman Contong #eh.

Lontong Balap adalah makanan khas dari Indonesia yaitu dari Surabaya, Jawa Timur. Dengan bumbu mengandung petis, dan berisi lontong, taoge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap dan sambal (wikipedia)

Lontong balap adalah salah satu makanan favorit Pak Suami. tiap kali mudik ke Sidoarjo tidak pernah absen andok lontong balap. Tapi kini sejak ada penjual lontong balap di kepanjen, Pak Suami sudah tidak terlalu ngebet makan lontong balap kalau pas mudik.

Lontong Balap Taman Contong Kepanjen


Menurut suami yang merupakan penggemar berat lontong balap ala Suroboyo dan Sidoarjo, lontong balap Taman Contong ini sedikit berbeda dengan versi aslinya. kalau versi Sidoarjo dan Surabaya, lontong nya sedikit. Yang banyak adalah tahu dan tauge atau kecambahnya. Lebih banyak kecapnya  dan tidak ada mie. 

Sebagai tambahan, ada lentho yaitu gorengan yang terbuat dari kacang tolo yang dihancurkan lalu dibumbui dan dibentuk bulat lonjong seperti mendhol.

Sedangkan Lontong balap Taman Contong ini komposisi antara lontong, tahu, mie dan taugenya hampir seimbang. Lenthonya terbuat dari singkong yang dipasrah (seperti diparut, tapi hasilnya lebih besar-besar) lalu digoreng dengan bentuk bulat.

Yang sama hanya sate kerangnya saja. Sebagai pelengkap agar makan lontong balap semakin nikmat.

Lontong Balap Taman Contong Kepanjen


Menurut Pak Suami, lontong balap Taman Contong ini lebih mirip dengan lontong mie yang ada di Sidoarjo. Namun karena tulisan di gerobak ya lontong balap,  okelah saya ngikut sama mbak penjualnya saja hihihi.

Soal Rasa lumayan enak. Meskipun piringnya kecil tapi ternyata  mengenyangkan juga.

Apalagi setelah makan lontong balap dilanjutkan dengan minum es dengan (es kelapa muda)  yang seger.  Kalau di Sidoarjo,  penjual lontong balap juga menyediakan lontong Kupang dan es dengan atau es kelapa muda.

Nah,  kalau di Taman Contong ini kebetulan saja penjual lontong balap dan es kelapa mudanya berdekatan. Jadi bisa sekalian pesan dan bayar jadi satu.

Lontong Balap Taman Contong Kepanjen

Untuk satu porsi lontong balap plus sebungkus  sate kerang berisi 4 tusuk sate,  harganya 13.000. Sedangkan es kelapa muda harganya Rp 5000. Cukup terjangkau bukan?

Hayuk kita ngelontong balap.. Ada yang mau traktir? 

Komentar

Postingan Populer