Semangat Warga KBA Tegeh Sari yang Berbuah Manis

Kba Tegeh Sari


Banjar Tegeh Sari adalah sebuah wilayah yang berada di Kelurahan Tonja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar Bali. Dalam susunan admisnistratif, banjar di Bali setara dengan Rukun Warga. Sejak tahun 2020 Banjar Tegeh Sari telah dinobatkan menjadi Kampung Berseri Astra. Sekian waktu Berlalu, Banjar Berseri Astra (BBA) Tegeh Sari  terus berbenah diri dan hasilnya pada bukan Juli 2023 ini diumumkan bahwa BBA Tegeh Sari Masuk ke dalam 10 besar KBA Proklim Berkelanjutan yang nantinya akan dikerucutkan menjadi 5 besar.

Seperti halnya Kampung Berseri Astra lainnya, BBA Tegeh Sari juga mengintegrasikan 4 pilar program yaitu : Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan. Salah satu bentuk penerapan pilar Pendidikan dilakukan sejak usia dini. Pembelajaran sejak usia dini ini bisa membentuk anak lebih cerdas dan bisa beradaptasi dengan perubahan. Edukasi sejak usia dini ini berupa edukasi teman sebaya dan kegiatan ekstrakurikuler yang menanamkan kesadaran lingkungan sejak dini.

Pada bidang kesehatan, kehadiran Posyandu sangat membantu berjalannya pelayanan dasar kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Berkat semangat para kader Posyandu di BBA Tegeh Sari mengalami peningkatan pelayanan menjadi Posyandu Terintegrasi. Posyandu Terintegrasi adalah Pos Pelayanan Terpadu yang memberikan pelayanan dan memantau perkembangan Balita, Remaja dan Lansia.  Berkat kerja keras para kader dan masyarakat BBA Tegeh Sari, sampai saat ini mampu mempertahankan bebas stunting.

Dalam bidang lingkungan, Banjar Tegeh Sari yang luas wilayahnya kurang lebih 1 km2 dan dihuni oleh 1.312 KK ini, hampir 90% KK sudah terfasilitasi dengan pelayanan bank sampah. Sehingga sampah yang dihasilkan bisa dikelola dengan baik. 

Pengolahan sampah di Banjar Tegeh Sari dimulai dari rumah masing-masing warga. Yaitu dengan memilah sampah organik dan anorganik. Untuk sampah anorganik masih dipilah-pilah lagi berdasarkan jenisnya untuk kemudian dibawa ke Bank Sampah. Pihak Bank Sampah tidak hanya membeli sampah dari masyarakat, namun juga melakukan pendampingan terhadap masyarakat dan mengajarkan bagaimana cara membuat eco enzyme dan molase yang bermanfaat untuk tanaman.

Selain itu masyarakat juga diedukasi bagaimana melakukan program tong komposter di rumah masing-masing. Tong komposter ini dapat menghasilkan kompos organik yang dapat dimanfaatkan langsung pada tanaman yang mereka miliki di rumah, sebagai bentuk program pertanian mandiri.

Selain program pertanian mandiri, BBA Tegeh Sari juga memiliki program ketahanan pangan. Yaitu dengan memanfaatkan lahan tidur dan bantaran sungai yang ada di wilayah Banjar Tegeh Sari. Lahan tidur tersebut ditanami dengan berbagai macam sayuran, bahkan sampai di lorong rumah warga pun penuh dengan tanaman sayur. Warga dipersilakan mengambil tanaman sayur secukupnya tanpa harus membayar, asalkan untuk dikonsumsi sendiri dan tidak di jual.

Untuk memenuhi kebutuhan bibit sayuran di Banjar Tegeh Sari, sudah ada tiga kebun pembibitan sayuran yaitu Demplot Sari Dewi, Demplot Sekaa Teruna Teruni dan Demplot Lansia. Berbagai macam bibi sayuran dihasilkan dari ketiga demplot ini seperti : Cabai, pokcoy, kailan, sawi, bayam, terong, seledri, dan lain-lain.

Ketahanan pangan KBA Tegeh Sari


Selain memenuhi kebutuhan bibit sayuran untuk Banjar Tegeh Sari sendiri, demplot juga memenuhi permintaan bibit sayur dari luar. Misalnya memenuhi permintaan bibit dari Canggu dan kaum ekspatriat yang ingin bercocok tanam. Kebun Bibit sayur ini juga memanfaatkan pupuk organik yang dihasilkan dari pengolahan sampah.

 Lebih lanjut, untuk mewujudkan KBA Tegeh Sari sebagai KBA Proklim berkelanjutan yang fokus pada 3 strategi yaitu Electric Vehicle, RenewableEnergy dan Digitalization, KBA Tegeh Sari melakukan beberapa terobosan seperti :

1. Penggunaan IOT untuk otomisasi pengairan 

2. Melakukan kolaborasi dalam program Bank Sampah dengan fitur m-banking.

3. Pemanfaatan solar panel untuk pengoperasian pompa air di kebun

4. Penggunaan sepeda listrik untuk alat transportasi dalam paket wisata kebun.

Semangat tak kunjung padam dari seluruh pihak yang ada di KBA Tegeh Sari telah membawa KBA tegeh Sari berada di titik yang sekarang ini. Semoga semangat ini terus berkobar, sehingga KBA Tegeh sari dan masyarakatnya semakin maju dan menikmati hidup yang berkualitas.

Komentar

Postingan Populer