Alue Naga, Kampung Tiram yang Makin Berseri

KBA Alue Naga si kampung tiram
sbr: IG @kba.aluenaga


Mendengar kata Gampong otomatis pikiran kita akan melayang jauh ke ujung barat negara kita tercinta. Istilah Gampong digunakan masyarakat Aceh sebagaimana kita menggunakan kata desa atau kelurahan. Gampong Alue Naga adalah desa di Aceh yang juga merupakan salah satu Kampung Berseri Astra. Alue Naga dinobatkan menjadi Kampung Berseri Astra ke 65 pada tahun 2017 lalu.

Gampong Alue Naga yang berada di Kecamatan Syaiah Kuala Kota Banda Aceh ini berada di tepi pantai sehingga sebagian besar penduduknya menggantungkan roda kehidupannya kepada laut. Salah satunya sebagai pencari tiram. Menjadi nelayan tiram adalah profesi turun menurun yang sudah berlangsung ratusan tahun. Para nelayan ini harus rela berendam atau menyelam di laut dan sungai Alue Naga selama berjam-jam untuk mendapatkan tiram. 

Potensi yang unik ini adalah salah satu dari sekian banyak potensi yang dimiliki Alue Naga sehingga menjadikan Gampong Alue Naga sebagai salah satu Kampung Berseri Astra pertama dari Aceh. 

Kehadiran  CSR ASTRA  melalui Kampung Berseri Astra di Gampong Alue  Naga memberikan angin segar bagi masyarakat sekitar. Dengan ke empat pilar yang menjadi komitmen KBA Astra, lambat laun masyarakat mengalami perubahan ke arah yang lebih baik.

Penerapan 4 pilar Kampung Berseri Astra di Gampong Alue Naga

1. Pilar  Astra Kreatif (Kewirausahaan)

Menyelam di air berjam-jam untuk mendapatkan tiram sangat berpotensi mengganggu kesehatan. Oleh karena itulah Astra bekerja sama dengan Universitas Syiah Kuala melakukan kerja sama dengan memberikan bantuan berupa alat dan bahan untuk membudi dayakan tiram.


Budidaya Tiram di KBA Alue Naga


Dengan peralatan tersebut, nelayan dapat melakukan penangkaran tiram yang juga dilakukan di waduk yang ada di perbatasan desa Alue Naga. Tiram hasil penangkaran ini menurut penelitian lebih sehat bila dibandingkan dengan tiram hasil tangkapan. Selain itu, dengan melakukan budidaya, ada hasil yang dapat diharapkan oleh nelayan.

Selain itu, para ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok juga diberi pelatihan dan bantuan modal untuk membuat kerupuk tempe. Modal awal tersebut telah berkembang dan bisa meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

Budidaya tiram adalah sebagian dari sekian banyak penerapan pilar kewirausahaan di desa Alue Naga, masih ada kegiatan lainnya seperti budidaya kerang hijau, udang, pembangunan rumah tiram dan lain-lain.

2. Pilar Astra Sehat

Dengan mengadakan pendampingan Perilaku Hidup Bersih Sehat di sekolah, mengadakan Mokesa atau Mobil Kesehatan Astra, pelaksanaan Posyandu, donor darah dan lain-lain. Pada pilar ini, Astra mengedepankan program CSR untuk kesehatan ibu dan anak serta kemudahan akses kesehatan bagi keluarga pra-sejahtera.

3. Pilar Astra Hijau (Lingkungan)

Bekerja sama dengan Universitas Syiah Kuala, diadakan Edukasi Sampah dan Peduli Lingkungan Pesisir dan komunitas masyarakat dan juga di sekolah. Bekerja sama denga  POLDA Aceh melakukan penghijauan kawasan mangrove di desa Alue Naga. Seperti kita tahu, Mangrove merupakan wilayah pesisir yang mempunyai peran besar terhadap kelestarian lingkungan. Selain penanaman manghrove juga dilakukan penebaran bibit udang di area mangrove untuk menambah kekayaan biota laut di kawasan mangrove.

4. Pilar Astra Cerdas

Kegiatan Senyum Sahabat PAUD Astra adalah perwujudan Pilar Astra Cerdas di kalangan anak usia dini. Pada kesempatan ini Astra membantu dalam pengembangan software, hardware dan pengembangan kurikulum melalui kegiatan parenting.

SMK Bisa adalah bentuk pilar Astra Cerdas untuk sekolah binaan terutama sekolah Menengah Kejuruan atau SMK. Kegiatan yang dilakukan diantaranya melakukan pelatihan softskill dan mengadakan lomba inovasi SMK. Diharapkan kegiatan ini melatih para siswa meningkatkan daya inovasinya sehingga menghasilkan produk inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Selain itu Astra juga memberikan beasiswa kepada sejumlah siswa melalui program Astra Lestari. Beasiswa ini membantu siswa dari keluarga yang tidak mampu untuk tetap bisa melanjutkan sekolah.

Nah itulah penerapan 4 pilar Kampung Berseri Astra di KBA Alue Naga, Syiah Kuala kota Banda Aceh. Dari eangkaian kegiatan tersebut telah membawa masyarakat dan kondisi desa secara umum menjadi lebih baik. Sebagai sektor budidaya tiram semakin mengalami peningkatan, bahkan diberitakan kalau panen tiram di Aleu Naga naik 10x lipat.

Ibu-ibu di Gampong Aleu Naga pun kini semakin berdaya. Melalui kelompok usaha dan rumah tiram, mereka bisa mendapatkan penghasilan untuk membantu perekonomian keluarga.

Itulah sedikit cerita tentang Gampong Alue Naga yang menjadi bagian Kampung Berseri Astra. Kedepannya Alue Naga akan terus maju jika masyarakat dan pihak terkait tetap berkomitmen untuk terus mengembangkan 4 pilar Kampung Berseri Astra yang sudah berjalan dan semoga menjadi inspirasi bagi daerah di sekitarnya untuk lebih maju lagi.

Komentar

Postingan Populer