Geliat KBA Rammang-Rammang-Maros Menuju Desa Sejahtera Astra


Rammang-rammang adalah wisata alam yang berada di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan. Rammang-rammang menawarkan keindahan gugusan pegunungan Karst terbesar di dunia setelah Chilind, China dan Tsingy di Madagaskar. Keindahan Rammang-rammang bahkan telah diakui oleh dunia dan telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.

Kawasan Wisata Rammang-rammang ini berada di desa Salenrang Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.  Selain memiliki keindahan pegunungan kapur yang menakjubkan, Rammang-ramang juga memiliki berbagai potensi menarik lainnya yang dapat mengundang wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Seperempat luas desa atau 25% dari luas desa Salenrang adalah pegunungan karst termasuk didalamnya hutan batu yang sering dijadikan spot berfoto bagi wisatawan, sedangkan 40% lainnya berupa sawah, tambak 26% diikuti dengan kawasan pemukiman seluas 3,70% dan sisanya digunakan untuk kepentingan lain seperti perkebunan.

Bentangan sawah menghijau yang seolah-olah dipagari oleh pegunungan karst adalah pemandangan unik dan indah yang sulit ditemui di daerah lain. Desa ini juga dilewati oleh sungai yang juga menjadi sarana transportasi bagi masyarakat setempat, yaitu sungai Puteh. Tak jauh dari sungai terdapat danau Bidadari yang juga tak kalah indahnya. Selain itu di kawasan rammang-rammang ini juga terdapat lebih dari seribu gua yang menyiman cerita sejarah. Di dalam gua purba yang berusia lebih dari 40.000 tahun ini, pengunjung bisa melihat berbagai peninggalan zaman prasejarah seperti lukisan tangan di dalam gua, artefak batu dan lain-lain. 

Dari sisi sosial budaya, masyarakat Rammang-rammang masih memegang erat budaya tradisional. Di Kampung Berua, masyarakat tinggal di rumah tradisional yang berbentuk panggung. Suasana di kampung ini begitu khas dengan lingkungan yang asri dan teduh.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan jika kita berwisata ke kawasan Rammang-rammang. Kita bisa merasakan langsung kehidupan masyarakat kampung Berua dengan cara berbaur secara langsung dengan masyarakat setempat. Kita bisa mencoba kegiatan seperti bertani, beternak ikan dan menikmati suasana pedesaan yang ada.


Untuk mengunjungi kampung Berau, satu-satunya transportasi yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan perahu menyusuri sungai Puteh. Air sungai yang jernih dan tenang yang dikelilingi oleh pemandangan indah membuat pengalaman menyusuri sungai ini sebagai pengalaman yang tak terlupakan.

Anda juga bisa mengunjungi danau Bidadari yang letaknya tidak jauh dari Sungai Puteh. Selain itu hutan Batu juga jangan sampai dilupakan. Berfoto di hutan Batu Rammang-rammang adalah keunikan yang tidak bisa anda lakukan di tempat lain. Bagi anda yang menyukai cerita prasejarah, tentunya gua purba sudah masuk dalam daftar kunjung anda di Rammang-Rammang. Dan jika ingin menginap, sudah tersedia fasilitas penginapan.

Berbagai potensi Rammang-rammang tersebut membuat kawasan wisata ini masuk sebagai kawasan Kampung Berseri Astra pada tahun 2022 yang lalu, yang tentu saja disambut gembira oleh masyarakat setempat. Bersama ASTRA, kampung Rammang-rammang berkolaborasi dengan berlandaskan pada empat konsep yaitu pilar pendidikan, kesehatan, lingkungan dan kewirausahaan (ekonomi).

Berbagai program telah dijalankan oleh ASTRA bersama stake holder dan masyarakat setempat. Seperti gotong royong membuat perahu sampan yang digunakan oleh anak-anak menuju ke sekolah. Pembuatan hiasan untuk peringatan tujuh belas agustus dari bahan daur ulang. Dan diadakannya uji coba kolom rumah untuk beternak sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi keluarga dan meningkatkan kesejahteraan.

Semua keindahan yang didukung dengan berbagai fasilitas yang tersedia mengundang bayak wisatawan untuk menikmati semua potensi yang ada di KBA Rammang-Rammang. ASTRA hadir untuk membuat para wisatawan semakin nyaman dan merasa aman selama berwisata di KBA Rammang-rammang. 

Program Aman Tangguh adalah program yang digagas oleh ASTRA untuk mewujudkan aman dan tangguh dari sisi keamanan wilayah dan tangguh dari sisi mitigasi dan pengamanan bencana. KBA Rammang-rammang adalah salah satu dari 5 Kampung Berseri Astra yang ditetetapkan sebagai Kampung Aman Tangguh pada tahun ini.

KBA Rammang-rammang terus bergeliat dan melakukan inovasi dalam bidang teknologi dan lingkungan, seperti pemanfaatan mobil listrik untuk menjemput tamu KBA Rammang-rammang yang juga digunakan untuk mobil operasional tim Posyandu yang giat bergerak untuk mengurangi kasus stunting. Penggunaan lampu tenaga surya untuk menerangi sungai di malam hari sehingga masyarakat dapat beraktifitas dengan nyaman. Dan penggunaan aplikasi untuk pemesanan spot-spot  wisata secara online.

Berbagai inovasi diatas mengantarkan KBA Rammang-rammang masuk ke dalam 10 besar Kampung Proklim berkelanjutan yang nantinya berkesempatan dipilih lagi menjadi 5 besar Proklim Berkelanjutan. Proklim berkelanjutan ini adalah Kampung Berseri Astra tingkat lanjut yang berfokus pada 3 strategi komunikasi ASTRA 2023 yaitu Electric Vehicle, Renewable Energy dan Digitalization.

Bersama ASTRA, KBA Rammang-rammang melaju lebih cepat menuju desa yang sejahtera. Semoga kolaborasi ini terus membawa kebaikan bagi lingkungan dan masyarakat di kawasan KBA Rammang-rammang.

Komentar

Postingan Populer